Senin, 26 Maret 2012

Belajar HTML untuk pemula

Ternyata Belajar HTML itu sangat mudah.
Seorang temanku sering bercerita kepadaku tentang HTM atau HTML. Dulu aku memang malas mendengarnya.
Yang diceritakanya kepadaku hanyalah huruf, tanda dan angka-angka yang bagiku sangat rumit.
Dalam hati aku bilang begini:”Huuuh, kode-kode begitu untuk apa dipelajari. Aku kan cuma mau belajar internet marketing saja, bukannya mau jadi agen FBI atau CIA yang perlu “mecahin” kode2 begitu. Buat apa aku buang waktu untuk belajar html….Huh, sok pinter………!”
(Mudah2an temanku gak baca postingku ini, bisa marah dia, he, he…).
Pada suatu hari dia bilang bahwa dia sudah membuat situs baru yang namanya Belajar HTML Table.
Dalam situs itu dia menunjukkan cara yang mudah untuk belajar html, dan dia mendesakku untuk mengunjungi situsnya itu. Dia juga bilang bahwa situsnya itu selalu berada di halaman pertama google dan yahoo search. Ternyata betul juga, setelah aku ketik di google dan yahoo search keyword belajar html table ternyata situsnya memang ada dihalaman pertama.
Akupun mencoba membacanya dan sejak itu aku mulai tertarik untuk belajar html dan menulis kodenya.
belajar html

Cara Mudah Belajar HTML

Cara yang diberikannya memang sangat mudah diikuti. Ini aku beri contohnya seperti ini:
Pertama tulis di notepad kode dasar html seperti ini:
<html>
<head><title>Websiteku</title></head>
<body>
</body>
</html>
Kemudian diantara tags <body> dan</body> diisi dengan artikel seperti ini:
Websiteku
Ini website yang aku buat dengan html.
Website ini adalah situs pertamaku yang aku bikin sendiri.

Nah sekarang kode htmlnya jadi begini:
<html>
<head><title>Websiteku</title></head>
<body>
Websiteku
Ini website yang aku buat dengan html.
Website ini adalah situs pertamaku yang aku bikin sendiri.

</body>
</html>
Kode ini di save as di all files dengan nama websiteku.html dan simpan pada satu folder.

Hasil dari Belajar HTML sendiri

Coba buka file websiteku.html tadi dengan browser internet explorer atau firefox.
Lihat hasilnya:
Websiteku Ini website yang aku buat dengan html. Website ini adalah situs pertamaku yang aku bikin sendiri.
Apa yang terjadi? Ternyata kalimat2 itu berada hanya pada satu baris.
Nah, disinilah perlunya pengertian tentang HTML.
Sekarang buka kembali file yang berisi websiteku.html tadi.
Tambahkan tags <h1></h1> mengapit judul Websiteku menjadi <h1>Websiteku</h1>.
Dan tambahkan <br /> dibelakang kalimat Ini website yang aku buat dengan html.
Kode htmlnya menjadi begini:
<html>
<head><title>Websiteku</title></head>
<body>
<h1>Websiteku</h1>
Ini website yang aku buat dengan html.<br />
Website ini adalah situs pertamaku yang aku bikin sendiri.

</body>
</html>
kemudian disave.
Setelah itu coba buka kembali file tersebut dengan internet explorer atau firefox.
Nah, seperti inilah hasilnya:
Websiteku
Ini website yang aku buat dengan html.
Website ini adalah situs pertamaku yang aku bikin sendiri.
Kelihatan bedanya bukan?
Masih ngin melanjutkan belajar html sendiri? Silahkan kunjungi saja situs http://BelajarHTMLTable.com
Demikian cara mudahbagi pemula yang ingin Belajar HTML.

0 komentar:

Posting Komentar