Rabu, 18 April 2012

Flash Firmware Wireless Router Access Point

Pada penelitian ini digunakan 2 buah Wireless Router Acess point untuk uji coba yaitu Acess point Linksys WRT54GL v1.1 (spesifikasi data berdasarkan http://en.wikipedia.org/wiki/Linksys_WRT54G_series#WRT54GL, CPU-clock 200 MHz, RAM 16 MBytes, FLASH 4 MBytes, Chipset: Broadcom BCM5325EKQM)  dan Acess point WRT300N v 1.1(spesifikasi data berdasarkan http://en.wikipedia.org/wiki/Linksys_routers CPU-clock 300 MHz, RAM 32 MBytes, FLASH 8 MBytes, Chipset: Broadcom BCM4785 rev 2). Kedua Acess point tersebut dilakukan flash firmware (mengganti firmware asli bawaan dari Linksys) dengan menggunakan firmware DD-WRT yang bisa didownload di http://ftp.dd-wrt.com/site/support/router-database.
Adapun langkah-langkah melakukan proses flashing Acess point adalah sebagai berikut :

  • Download firmware DD-WRT di http://ftp.dd-wrt.com/site/support/router-database , sesuaikan dengan jenis Linksys yang digunakan. Tujuan kita menginstal DD-WRT agar Acess point kita bisa memiliki fasilitas Chillispot daemon, untuk itu dalam memilih versi firmware DD-WRT kita harus menggunakan versi yang mendukung chillispot yaitu versi DD-WRT versi standar, nokaid dan mega (http://en.wikipedia.org/wiki/DD-WRT). Pada penelitian ini digunakan versi dd-wrt.v24_std_generic.bin untuk WRT300N v1.1 dan versi dd-wrt.v24_std_generic.bin untuk versi WRT54GL v1.1. Khusus untuk Acess point Linksys WRT54GL sebelum kita mengupgradenya jadi versi standard perlu kita lakukan flashing terlebih dahulu ke versi mini dd-wrt.v24_mini_generic.bin kemudian setelah berhasil baru kita lakukan flashing ke versi standard. Jika kita langsung mengupgrade ke versi standard biasanya terjadi kegagalan proses flashing, hal tersebut dikarenakan keterbatasan memory dari WRT54GL v.1.1. Untuk itu harus kita flashing ke versi mini dahulu baru kemudian diupgrade ke versi standar.
  • Koneksikan komputer ke Acess point dengan  memberikan IP yang satu subnet dengan Acess point (defaultnya 192.168.1.1) misalnya 192.168.1.5. Koneksi antara linksys WRT54GL atau WRT300N dan Komputer menggunakan kabel UTP straight, dan colokkan ke salah satu port LAN di belakang Acess point Linksys, misal di port 1.Proses upgrade firmware bisa kita lakukan via web browser di alamat http://192.168.1.1.
  • Login ke WRT54GL atau WRT300N dengan Default IP adalah : 192.168.1.1 dengan User: <kosong>; Password: admin.
  • Masuk ke Menu Administration dan klik Factory Defaults dan pilih Yes. Klik tombol Save Settings, kemudian akan muncul halaman baru tekan Continue.
  • Masuk ke Menu Administration dan klik Firmware Upgrade.
  • Klik tombol Browse dan arahkan ke file DD-WRT yang sudah didownload.
  • Klik tombol Upgrade, kemudian router akan mengupload file dan melakukan flash firmware. Kemudian akan muncul halaman yang menunjukkan proses upload berhasil. Tunggu kurang lebih 5 menit sebelum menekan Continue.

Menu Interface Wireless Router sebelum flashing
  • Jika kemudian router tidak bisa diakses, tekan tombol Reset selama kurang lebih 30 detik. Biasanya setelah direset router Wireless Acess point kembali bisa diakses. Akan tetapi jika router tidak bisa diakses kembali maka bisa melakukan flashing chip router dengan menggunakan jtag kabel (pada saat penelitian dilakukan, pernah terjadi kegagalan flashing saat beralih dari firmware DD-WRT ke Open WRT menggunakan menggunakan Acess point WRT300N, untuk lebih detail cara flashing menggunakan kabel jtag bisa dilihat di http://blog.binadarma.ac.id/yesinovariakunang/?p=40 .
  • Log In menggunakan user: root dengan password: admin.


Menu Interface Wireless Router setelah flashing

0 komentar:

Posting Komentar